Nikmati hidupmu dengan PRESTASI, jauhi NARKOBA, luaskan WAWASAN !! SUZUKI ERTIGA “THE AVANZA-XENIA KILLER” - Ini cerita kami
1:25 PM

SUZUKI ERTIGA “THE AVANZA-XENIA KILLER”


Yup, istilah itu yang sering saya dengan sejak pertengahan 2010 silam, mengenai mobil jenis MPV yang sedang di siapkan oleh SUZUKI INDOMOBIL MOTOR (dulu, INDOMOBIL SUZUKI INTERNASIONAL). Mobil tersebut berbeda sama sekali dari MPV yang sudah ada. Sejak 2004 Suzuki sudah mengeluarkan MPV (Multi Purpose Vehicle) berlabel APV. Banyak pihak yang coba untuk menerka kepanjangan APV, beberapa di antaranya adalah
Foto:
Suzuki APV

1.    All Purpose Vehicle,
asumsinya sebagai kendaraan segala medan. Bahkan dengan posisi mesin yang terletak di bawah jok depan. APV pun sanggup untuk melibas banjir selama tinggi permukaan air tidak sampai menutupi grill depan.
2.    Asean Pupose Vehicle, singkatan ini muncul ketika Suzuki Indomobil Motor di percaya untuk memproduksi APV & di perkirakan akan di ekspor ke Negara-negara lain di Asean. Namun nyatanya mobil tersebut di ekspor ke lebih dari 50 negara di seluruh dunia.
Suzuki APV & CARRY 1.5 nampaknya menjadi tulang punggung bagi “dapur” PT SIM, sehingga mereka merasa perlu meningkatkan market sharenya. Salah satunya dengan menggelontorkan APV Arena, perubahan pada type ini sebenarnya tidak terlalu signifikan. Saya sendiri menyebutnya ‘facelift’ saja karena dari sisi eksteriornya terlihat hanya ganti ‘plastic part’nya saja, antara lain:
Foto:
Suzuki APV Arena

1.    Bagian depan, berupa perubahan design headlamp, bumper depan & grill
2.    Pada bagian belakang berupa perubahan design rear lamp & bumper belakang.
3.    Dari segi interior yang paling kentara adalah perubahan dashboard & perangkat sound systemnya.
Namun upaya tersebut nampaknya tak juga menghasilkan progress yang maksimal, selain himpitan dari Avanza – Xenia, juga hadir Daihatsu Grand Max yang mengusung platform yang tidak jauh berbeda.
Maka Suzuki pun berbenah diri dengan menyiapkan “THE AVANZA-XENIA KILLER”
Apa dan bagaimana “THE AVANZA-XENIA KILLER” tersebut, yuk kita intip sekelumit beritanya.

Foto:
Konsep Suzuki ERTIGA
Penampakan Suzuki ERTIGA


Nama panggilannya adalah Suzuki ERTIGA, penulisannya sendiri saya masih bingung apakah seperti yang sudah saya tulis ataupun rIII. Namun bila dilihat dari penampakannya maka terlihat seperti perpaduan antara Suzuki Swift, APV & SX4 ya.
Kabarnya Suzuki ERTIGA akan hadir dalam beberapa varian. Di India sendiri hadir dalam dua varian, varian bermesin bensin 1.400 cc dengan sistem variable-valve timing (VVT) dan bertenaga 94 bhp dan varian bermesin diesel 1.300 cc Variable Geometry Turbo (VGT). Mesin ini menghasilkan tenaga 89 bhp dan torsi 200 Nm.

 
 

ERTIGA Nampak nya di desain untuk 7 seater (7 penumpang), jadi XL7 nih waktu jamannya Grand Escudo. Untuk jarak sumbu rodanya sekitar 2740 mm sedangkan panjang keseluruhan mobil tersebut adalah 4265 mm

Interior ERTIGA

Kita lihat saja, kapan kemunculan varian MPV terbaru dari Suzuki, benarkah mobil tersebut akan beredar dan di produksi di Indonesia. Sempat tersiar kabar kalo mobil tersebut akan menggunakan basis produksi di India sama halnya dengan Suzuki Karimun Estilo & Suzuki Splash yang ‘bulet-bulet” di impor dari sana. Di India sendiri harganya sekitar Rp 120 – Rp 154juta, kalo di Indonesia kira2 bakalan di jual berapa ya?

0 komentar: